Total Tayangan Halaman

Jumat, 06 November 2020

Mengenal Alat Pengukuran pH Meter

Apa itu pH Meter?

pH Meter merupakan alat pengukuran yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman dan kebasaan suatu larutan. Dalam jenisnya pH Meter tergabi atas 2 tipe yaitu pH Meter Digital dan pH Meter Manual. Bila pada pH Meter Digital pengukuran menggunakan sistem digtal, berbeda dengan pH Meter Manual yang skala pH bersifat absolut atau sendiri. Ada banyak metode yang digunakan untuk mengukur tingkat pH, diantaranya kertas lakmus, indikator cairan berwarna dan type pH elektrode.  Selain type portable seperti tersebut diatas ada model pH meter yang dipakai untuk pengukuran berkesinambungan atau dikenal dengan sebutan online analyzer. Untuk pekerjaan yang sangat tepat pH meter harus dikalibrasi sebelum setiap pengukuran. Untuk penggunaan kalibrasi normal harus dilakukan pada awal setiap hari. Alasan untuk ini adalah bahwa elektroda kaca tidak memberikan emf direproduksi selama waktu yang cukup lama. Kalibrasi harus dilakukan dengan setidaknya dua larutan buffer standar yang menjangkau rentang nilai pH yang akan diukur. Untuk tujuan umum buffer pada pH 4 dan pH 10 yang diterima.


Bagaimana Prinsip Kerja pH Meter?

Pada prinsip kerja utama pH meter adalah terletak pada sensor probe berupa elektrode kaca (glass electrode) dengan jalan mengukur jumlah ion H3O+ di dalam larutan. Ujung elektrode kaca adalah lapisan kaca setebal 0,1 mm yang berbentuk bulat (bulb). Bulb ini dipasangkan dengan silinder kaca non-konduktor atau plastik memanjang, yang selanjutnya diisi dengan larutan HCl (0,1 mol/dm3). Di dalam larutan HCl, terendam sebuah kawat elektrode panjang berbahan perak yang pada permukaannya terbentuk senyawa setimbang AgCl. Konstannya jumlah larutan HCl pada sistem ini membuat elektrode Ag/AgCl memiliki nilai potensial stabil. Mulai dari 0,1 mol - 12,3 mol. Kebutuhan alat pH meter tergantung dari seberapa banyak anda mengukur, bila tidak terlalu banyak, maka anda bisa menggunakan pH meter yang ukuran 0,1 - 5,0 mol, Namun bila ingin menkuru dalam kadar yang jumlahnya besar atau tinggi, bisa menggunakan ukuran 5,0 - 12,3 mol. Perlu anda ketahui bahwa perbedaan antara p[H] dengan pH biasanya cukup kecil. Dinyatakan bahwa[11] pH = p[H] + 0,04. Pada praktiknya terminologi p[H] dan pH sering dicampuradukkan dan menyebabkan kerancuan.

Contoh Gambar Dari Alat pH Meter!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Mengenal Alat Pengukuran pH Meter

Apa itu pH Meter? pH Meter merupakan alat pengukuran yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman dan kebasaan suatu larutan. Dalam j...